Tuesday, 27 October 2015

Manifold Hidroponik

c

Manifold hidoponik dipakai di instalasi NFT bertingkat
Contoh Instalasi Manifold Setapak Kebun Akuaponik. Perhatikan,
bagian bawahnya ia menggunakan oversock. 

Masih banyak orang yang belum mengetahui fungsi manifold dalam hidroponik Untuk menanam tanaman secara hidroponik tentu ada banyak sistem dan cara. Tergantung bagaimana anda mau memilih peralatan dan juga sistem hidroponik yang mau anda gunakan. Gambar diatas adalah manifold untuk membuat nft kit menggunakan pralon : Manifold intinya digunakan untuk membagi air dari pompa ke set peralon atau ke sistem hidroponik yang kita buat. Umumnya digunakan pada sistem nft namun tentu saja tidak menutup kemungkinan pada sistem yang lain.

Manifold biasanya digunakan untuk meja nft/dft susun/vertikultur om, kalau untuk meja datar dirasa tidak perlu menggunakan ini

Cara kerjanya :

Pompa dialirkan ke ke pipa 1/2 inch dan di teruskan ke dalam manifold, lalu dibagi ke beberapa bagian nepple yg sudah dipasang. Ukuran pipa tempat nepple dipasang pada gambar diatas adalah 2,5 inchi.

Jika ingin menggunakan pipa 1/2 inci untuk saluran air dari pompa, maka gunakan pipa 2 inci sebagai tempa nipple, kemudian gunakan  oversock untuk menghubungkan pipa 1/2 inci ke 2 inci.

Sumber : Dower Teknik Vertikultur

No comments:

Post a Comment